Rabu, 16 November 2016

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat



Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat Daya tahan tubuh adalah kemampuan fisik yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari serangan virus maupun kuman. Atau juga dapat diartikan dimana tubuh seseorang bertahan melakukan intensitas kerja atau jauh dari rasa letih. Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk setiap orang. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh akan tetap sehat. Namun sebaliknya jika daya tahan tubuh tidak baik maka tubuh akan mudah terserang oleh penyakit. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips mengenai cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat


Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat
Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh yang sehat, baik itu sehat jasmani maupun sehat rohani. Akan tetapi daya tahan tubuh biasanya akan menurun jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim atau pekerjaan yang baru. Penurunan daya tahan tubuh akan berdampak pada kesehatan seseorang, dan seseorang itu akan mudah terserang penyakit. Untuk dapat menjaga agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik dan tetap kuat, maka harus meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat, makanan yang cukup nutrisi dan juga menjaga pola hidup yang baik.

Memiliki tubuh yang sehat akan membuat seseorang dapat tetap melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan. Selain itu, dengan memiliki tubuh yang sehat kita tidak usah membuang waktu dan biaya untuk membeli obat ataupun untuk pergi ke rumah sakit. Berikut ini beberapa cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap terjaga dengan baik yang bisa anda lakukan :
  1. Menjaga pola fikir agar tetap berpikir positif. Dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan juga sehat. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang sehat, maka harus selalu berpikir secara positif terhadap segala masalah yang terjadi. Baik itu di dalam keluarga, tempat kerja, maupun di dalam lingkungan sosial. Karena sebenarmya setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya.
  2. Sering Melakukan. Sering melakukan aktivitas seharian menjadi salah satu faktor penyebab dari menurunnya daya tahan tubuh, ini karena badan akan terasa capek setelah melakukan aktivitas. Sedangkan cara untuk menghilangkan rasa capek adalah dengan mengistirahatkan tubuh. Cara untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan beristirahat yang cukup setiap harinya, misalnya dengan tidur yang cukup juga berkualitas.
  3. Makan makanan yang bergizi. Makan makanan yang berserat setiap harinya seperti, buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa dilakukan. Makanan yang berserat memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.
  4. Makan secukupnya. Makanlah dengan porsi yang sewajarnya saja sesuai dengan kebutuhan tubuh, karena jika tidak makan dengan poris yang wajar, akan membuat badan menjadi gemuk. Selain itu akan beresiko mudah terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
  5. Perhatikan Kandungan yang ada dalam Makanan. Merhatikan kandungan yang ada di dalam makanan seperti kalori, lemak, maupun zat-zat berbahaya lainnya yang ada pada makanan. Karena apabila banyaknya zat-zat yang berbahaya dalam tubuh, akan menjadi salah satu faktor resiko menurunnya daya tahan tubuh.
  6. Memenuhi kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D di dalam tubuh memiliki fungsi untuk menstimulasi sel imun untuk membunuh virus dan bakteri. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari pada jam pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 9, hati, telur, dan juga terdapat pada ikan. Cara menjaga daya tahan tubuh ini terbukti cukup efektif. Jadi lakukanlah secara teratur.
  7. Rajin Olahraga. Selain memenuhi kebutuhan makanan yang sehat dan bergizi, juga sangat diperlukan olahraga yang teratur demi menjaga kebugaran tubuh. Menyempatkan waktu setidaknya minimal 15 menit setiap hari untuk berolah raga , akan membantu melancarkan tubuh agar tetap sehat dan kondisi tetap fit.
Selain beberapa cara menjaga daya tahan tubuh di atas, anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, yaitu minimal meminum air putih 8 gelas setiap hari. Demikian tips cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, semoga tips yang disampaikan dapat bermanfaat.
Lihat Selengkapnya »

0 komentar:

Copyright © MalasLagi.Info 2013

Template By Demas_Susila